Sabtu, 23 Agustus 2014

Cara pandang seseorang terhadap nikmat yang Allah berikan kepada kita di dunia ini.

Cara pandang seseorang terhadap nikmat yang Allah berikan kepada kita di dunia ini. 



posted by : http://adrianirnandapratama.blogspot.com/

1. Mereka yang mengukur bahwa nikmat itu adalah harta benda duniawi ( uang banyak, rumah mewah, dll )

2. Mereka yang mengukur bahwa nikmat itu adalah ilmu yang bermafaat ( maanfaat didunia dan di akherat )

3. Ada juga yang mengukur nikmat adalah ketika mendapatkan rejeki yang banyak, dan bersedih ketika rejeki itu jauh dari kehidupannya.

4. Atau yang yang merasa senang ketika ilmu tentang perkara-perkara dunia nya bertambah, sehingga bisa menghasilkan sesuatu dari bagian dari dunia yang hijau ini. Akan tetapi tidak bersedih dengan berkurangnya ilmu tentang nikmat yang haqiqi itu (kehidupan akherat)

Nasehat untuk diri sendiri :
Ketika kita telah disibukan dengan dunia ini, sehingga terjauhkan dari majelis ilmu yang mengingatkan akan kehidupan akherat. Maka kita pastilah akan terjangkita yang namanya panjang angan ( tidak tercukupi apa yang telah ada pada kita saat ini, sehingga akan terus mencari sesuatu dengang berbagai alasan pembenaranya untuk meraih kenikmatan dunia ini)
Allah Ta’ala mencela panjang angan-angan di dalam firman-Nya,

ذَرْهُمْ يَأْكُلُوا وَيَتَمَتَّعُوا وَيُلْهِهِمُ الْأَمَلُ فَسَوْفَ يَعْلَمُونَ

“Biarkanlah mereka (di dunia ini) makan dan bersenang-senang dan dilalaikan oleh angan-angan (kosong). Maka kelak mereka akan mengetahui (akibat perbuatan mereka).” (Al-Hijr:3)”
‘Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu berkata,
اِرْتَحَلَتِ الدُّنْيَا مُدْبِرَةً وَارْتَحَلَتِ الْآخِرَةُ مُقْبِلَةً، وَلِكُلِّ وَاحِدَةٍ مِنْهُمَا بَنُوْنَ، فَكُوْنُوْا مِنْ أَبْنَاءِ الْآخِرَةِ وَلاَ تَكُوْنُوْا مِنْ أَبْنَاءِ الدُّنْيَا، فَإِنَّ الْيَوْمَ عَمَلٌ وَلاَ حِسَابٌ، وَغَدًا حِسَابٌ وَلاَ عَمَلٌ

“Dunia berjalan meninggalkan manusia sedangkan akhirat berjalan menjemput manusia, dan masing-masing memiliki generasi. Maka jadilah kalian generasi akhirat dan janganlah kalian menjadi generasi dunia. Karena hari ini (di dunia) yang ada hanyalah amal dan belum dihisab sedangkan besok (di akhirat) yang ada adalah hisab dan tidak ada lagi amal.

Sehingga ketika kita mencari harta benda dunia ini dengan berbagai cara sehingga tertinggalah sebagian atau seluruh dari perkara-perkara agama yang telah di wajibkan Allah kepada hamba-hambanya dengan berbagai alasan pembenarannya, hanya untuk mencari sesuatua yang tidak akan dibawa nya di liang kubur.

Allah berfirman:
{أَفَمَنْ زُيِّنَ لَهُ سُوءُ عَمَلِهِ فَرَآهُ حَسَنًا فَإِنَّ اللَّهَ يُضِلُّ مَنْ يَشَاءُ وَيَهْدِي مَنْ يَشَاءُ}

“Apakah orang yang dihiasi perbuatannya yang buruk (oleh setan) lalu ia menganggap perbuatannya itu baik, (sama dengan dengan orang yang tidak diperdaya setan?), maka sesungguhnya Allah menyesatkan siapa yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya” (QS Faathir:8).

Oleh itu camkanlah wahai diri yang selalu mencari pembenaran untuk perbuatannya, dengan sabda Rasulullah Shallahu 'alihi wasalam :
« وَاللَّهِ لاَ الْفَقْرَ أَخْشَى عَلَيْكُمْ، وَلَكِنْ أَخْشَى عَلَيْكُمْ أَنْ تُبْسَطَ عَلَيْكُمُ الدُّنْيَا كَمَا بُسِطَتْ عَلَى مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ، فَتَنَافَسُوهَا كَمَا تَنَافَسُوهَا وَتُهْلِكَكُمْ كَمَا أَهْلَكَتْهُمْ »

“Demi Allah, bukanlah kemiskinan yang aku takutkan (akan merusak agama) kalian, akan tetapi yang aku takutkan bagi kalian adalah jika (perhiasan) dunia dibentangkan (dijadikan berlimpah) bagi kalian sebagaimana (perhiasan) dunia dibentangkan bagi umat (terdahulu) sebelum kalian, maka kalianpun berambisi dan berlomba-lomba mengejar dunia sebagaimana mereka berambisi dan berlomba-lomba mengejarnya, sehingga (akibatnya) dunia/harta itu membinasakan kalian sebagaimana dunia membinasakan mereka

Tanda kecintaan Allah kepada hambanya bukan diukur dengan harta benda / kekayaan yang banyak, akan tetapi jikalau Allah mencintai seorang hamba untuk mendapatkan ridhonya maka Allah akan memberikan kemudahan dalam mempelajari agamanya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

من يرد الله به خيرا يفقهه في الدين

“Barangsiapa yang dikehendaki kebaikan oleh Allah, maka Allah akan memahamkannya dalam urusan agama.” (HR. Bukhari nomor 71 dan Muslim nomor 1037).

Maka diri yang lalai kembalilah kepada jalan yang akan mendatangkan kebahagian abadi

لَا يَغُرَّنَّكَ تَقَلُّبُ الَّذِينَ كَفَرُوا فِي الْبِلَادِ مَتَاعٌ قَلِيلٌ ثُمَّ مَأْوَاهُمْ جَهَنَّمُ ۚ وَبِئْسَ الْمِهَادُ

“Janganlah sekali-kali kamu terpedaya oleh kebebasan orang-orang kafir bergerak di dalam negeri. Itu hanyalah kesenangan sementara, kemudian tempat tinggal mereka ialah Jahannam; dan Jahannam itu adalah tempat yang seburuk-buruknya.” QS. Ali Imran: 196-197)

“Barangsiapa menghendaki kehidupan sekarang (duniawi), maka Kami segerakan baginya di dunia itu sesuai dengan apa yang kami kehendaki bagi orang yang kami kehendaki dan Kami tentukan baginya neraka jahannam; ia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir.” (QS. Al-Isra’: 17)

Semoga diri ini selalu di berikan taufiq untuk agar tetap berjalan lurus diatas agamaNya

firman-Nya :

وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ ﴿٢٠١﴾ أُولَٰئِكَ لَهُمْ نَصِيبٌ مِمَّا كَسَبُوا ۚ وَاللَّهُ سَرِيعُ الْحِسَابِ

Dan di antara mereka ada orang yang berdo'a, "Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akherat dan peliharalah kami dari siksa neraka". Mereka itulah orang-orang yang mendapat bagian dari (amal) yang mereka usahakan; dan Allâh sangat cepat perhitungan-Nya [al-Baqarah/2: 201-202]

وَاكْتُبْ لَنَا فِي هَٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ إِنَّا هُدْنَا إِلَيْكَ

(Mereka juga berdo'a), “Dan tetapkanlah untuk kami kebajikan di dunia ini dan di akhirat; sesungguhnya kami kembali (bertaubat) kepada-Mu [al-A’râf/7: 156]

Wallahu’alam .....

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar