Sabtu, 05 Juli 2014

Falsafah Iqra' Memahami Konsep 'Membaca' Dalam Islam



Falsafah Iqra' Memahami Konsep 'Membaca' Dalam Islam



 


Seo­rang Yahudi sebagaimana diku­tip DR Raghib As-Sirjani dalam bukunya; Spritual Reading; hidup lebih bermak­na dengan mem­baca; terbitan Aqwam 2007, mengatakan bahwa “Kita orang yahudi tidak takut dengan umat Islam, karena umat Islam adalah umat yang tidak suka mem­baca”.

islam tentunya tidak hanya dapat difahami sebagai sebuah kumpulan 
ritualitas-ritualitas yang monolitik sebagaimana terangkum dalam 'Rukun Islam' 
yang lima. Tetapi Islam sesungguhnya adalah sebuah sistem hidup yang sangat 
fundamental dan holistik. Artinya, Islam tidak hanya berbicara mengenai 
'ubudiyyah dalam konteks hubungan interpersonal dengan Allah swt. (hablum 
minaallah) tetapi lebih dari itu Islam juga mengandung tuntunan hidup secara 
terperinci (Islam is a way of life) . 

Manusia yang dititahkan oleh Allah sebagai khalifah di muka bumi ini dengan 
diberi potensi akal, pada dasarnya di(ter)tuntut untuk berlomba-lomba 
mengembangkan potensi diri dan mengaktualisasikannya secara nyata dalam 
kehidupan sosial. Oleh sebab itu, manusia akan dimintakan pertanggunjawaban 
atas semua usaha yang pernah dilakukannya kelak dihadapan Sang Khaliq. 

Secara naluri dalam fitrahnya, manusia adalah makhluk yang memiliki couricity 
(rasa ingin tahu) yang sangat tinggi. Maka dari itu, semua manusia baik muda 
maupun tua, anak kecil maupun orang dewasa berusaha untuk mengetahui segala 
sesuatu yang belum diketahuinya. Maka tidak heran jika semua anak kecil tatkala 
melihat atau mendengar sesuatu yang asing baginya pasti mereka akan bertanya, 
baik kepada orang tua atau orang yang dekat dengannya. Hal demikian karena 
secara instingtif anak ingin mengetahui segala sesuatu yang belum diketahuinya 
itu. Tetapi sebelum bertanya, tentunya mereka juga sudah meraba-raba apakah hal 
tersebut dan untuk memastikannya mereka lalu bertanya kepada orang lain. 

Jadi, pada dasarnya memang semua manusia telah 'membaca' dalam arti luas namun 
belum terstruktur sebagai upaya untuk menghimpun pengetahuan dan 
mengaktualisasikannya secara nyata dalam kehidupan sosial. Lalu, bagaimana 
konsep Islam dalam mengajarkan kepada seluruh umatnya untuk 'membaca' dalam 
kaitan pengembangan ilmu pengetahuan dan peradaban umat manusia secara umumnya? 

ISLAM DAN PERINTAH 'MEMBACA'

Wahyu yang pertama kali turun kepada Nabi saw. adalah Iqra' atau 'membaca', 
meskipun Beliau dalam kondisi Ummi (yang tidak pandai membaca dan menulis). 
Mengapa Iqra'? secara etimologis Iqra' diambil dari akar kata qara'a yang 
berarti 'menghimpun', sehingga tidak selalu harus diartikan 'membaca sebuah 
teks yang tertulis dengan aksara tertentu'. Selain bermakna 'menghimpun', kata 
qara'a juga memiliki sekumpulan makna seperti menyampaikan, menelaah, 
mendalami, meneliti, mengetahui ciri sesuatu dan membaca, baik teks tertulis 
maupun tidak. Allah swt. berfirman :

.اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ. خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ 

"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan 
manusia dari segumpal darah". 

Kata Iqra' dalam surah al-'Alaq di atas oleh banyak ahli tafsir diartikan 
'bacalah!', tetapi apa yang harus dibaca? dalam satu riwayat, Nabi saw. setelah 
mengalami kepayahan karena dirangkul dan diperintah membaca oleh malaikat 
Jibril a.s. beliau lantas bertanya: Ma aqra' ya jibril? namun pertanyaan 
tersebut tidak dijawab oleh malaikat Jibril a.s., karena Allah menghendaki agar 
beliau dan umatnya membaca apa saja, selama membaca tersebut dilandasi 
bismirabbika (atas nama Allah), dalam arti bermanfaat untuk kemaslahatan 
sosial. Pengaitan ini merupakan syarat sehingga menuntut dari si pembaca bukan 
saja sekedar melakukan bacaan dengan ikhlas, tetapi juga antara lain mampu 
memilih bahan-bahan bacaan yang tidak menghantarnya kepada hal-hal yang 
bertentangan dengan 'nama Allah' itu. 

Jika begitu kata Iqra' berarti bacalah, telitilah, dalamilah, ketahuilah 
ciri-ciri sesuatu, bacalah alam, bacalah tanda-tanda zaman, sejarah, diri 
sendiri baik yang tertulis maupun tidak. Alhasil, objek perintah iqra' mencakup 
segala sesuatu yang dapat dijangkau. 

Lalu, mengapa setelah kata اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ, dilanjutkan 
dengan خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ. Dalam konteks ini Allah menegaskan 
bahwa Dia-lah yang telah menciptakan manusia dari segumpal darah, lalu apa 
maknanya? Manusia diarahkan untuk meneliti, memahami, dan mendalami proses 
penciptaan dirinya. Dimana manusia diciptakan oleh Allah dari segumpal darah, 
sesuatu yang menjijikkan nan hina, lalu berkembang hingga berbentuk sempurna 
dan diberikan kepadanya ruh. Namun ditegaskan ulang memang manusia memang harus 
membaca sebagai kunci utama untuk menghimpun pengetahuan. Itulah ajaran Allah 
yang Maha Agung untuk meninggikan derajat manusia sebagai khalifahnya di muka 
bumi. 

Sungguh, perintah membaca merupakan sesuatu yang paling berharga yang pernah 
dan dapat diberikan kepada umat manusia. 'Membaca' dalam aneka maknanya adalah 
syarat pertama dalam pengembangan ilmu dan tekhnologi, serta syarat utama 
membangun peradaban. Semua peradaban yang berhasil bertahan lama, justru 
dimulai dari satu kitab (bacaan). Peradaban Yunani dimulai dengan Iliad karya 
Homer pada abad ke-9 sebelum Masehi. Ia berakhir dengan hadirnya Kitab 
Perjanjian Baru. Peradaban Eropa dimulai dengan karya Newton (1641-1727) dan 
berakhir dengan filsafat Hegel (1770-1831) . Peradaban Islam lahir dengan 
kehadiran al-Qur'an. 

Selanjutnya, Allah berfirman: 

.اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ. الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ.عَلَّمَ 
الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ 

"Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan 
perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya".

Pengulangan perintah membaca dalam wahyu pertama ini, bukan sekedar menunjukkan 
bahwa kecakapan membaca tidak diperoleh kecuali mengulang-mengulangi bacaan, 
atau membaca hendaknya dilakukan sampai mencapai batas maksimal kemampuan. 
Tetapi juga untuk mengisyaratkan bahwa mengulang-ulangi bacaan dengan 
bismirabbika (atas nama Allah) akan menghasilkan pengetahuan dan wawasan baru 
walaupun yang dibaca hal itu juga. Mengulang-ulang membaca al-Qur'an tentunya 
akan menimbulkan penafsiran baru, pengembangan gagasan, dan menambah kesucian 
jiwa serta kesejahteraan batin. Berulang-ulang 'membaca ' alam raya, membuka 
tabir rahasianyadan memperluas wawasan serta menambah kesejahteraan lahir.

Kenapa Iqra' pada ayat yang ketiga diulang dan digandengankan dengan warabbukal 
akram? 'warabbukal akram' mengandung pengertian bahwa Dia (Allah) swt. dapat 
menganugerahkan puncak dari segala yang terpuji bagi segala hambanya yang 
membaca. 

Lalu, pada ayat keempat dilanjutkan dengan kata-kata 'Dia (Allah) swt. Dzat 
yang mengajari dengan (perantara) qalam'. Objek iqra' yang sedemikian luas itu, 
memang seola-ola dapat menyempit apabila hanya dilihat dari rangkainnya 
perintah membaca dengan qalam. Namun harus diingat bahwa sekian pakar tafsir 
kontemporer memahami kata qalam sebagai segala macam alat tulis-menulis sampai 
kepada mesin-mesin tulis dan cetak yang canggih dan juga harus diingat bahwa 
qalam bukan satu-satunya alat atau cara untuk membaca atau memperoleh 
pengetahuan. Hal ini tegas disebutkan dalam ayat selanjutnya bahwa Allah 
memiliki kuasa untuk memberikan pengetahuan kepada manusia apa yang tidak ia 
ketahui, baik lewat wahyu, ilham, karamah, intuisi dan lain sebaginya. 

Dari tiga potongan ayat di atas kita juga dapat memahami bahwa pengetahuan dan 
peradaban yang dirancang oleh al-Qur'an adalah pengetahuan terpadu yang 
melibatkan akal dan kalbu dalam perolehannya (out put-nya). Wahyu pertama 
al-Qur'an menjelaskan dua cara untuk memperoleh dan mengembangkan ilmu. Setiap 
pengetahuan memiliki subjek dan objek. Secara umum subjek dituntut berperan 
guna memahami objek. Namun pengalaman ilmiah menunjukkan bahwa objek terkadang 
memperkenalkan dirinya kepada subjek tanpa usaha sanga subjek. Komet Halley, 
memasuki cakrawala, hanya sejenak setiap 76 tahun. Dalam kasus ini walaupun 
para astronom menyiapkan diri dan alat-alatnya untuk mengamati dan mengenalnya, 
tetapi sesungguhnya yang lebih berperan adalah kehadiran komet itu sendiri 
untuk memperkenalkan diri. Wahyu, ilham, intuisi, atau firasat yang diperoleh 
manusia yang siap dan suci jiwanya atau apa yang diduga sebagai 'kebetulan' 
yang dialami oleh ilmuwan yang tekun, kesemuanya tidak lain kecuali 
bentuk-bentuk pengajaran Allah yang dapat dianalogikan dengan kasus komet di 
atas.

Dalam tiga ayat di atas, terlihat betapa al-Qur'an sejak dini telah memadukan 
usaha dan pertolongan Allah, akal dan budi, pikir dan zikir, iman dan ilmu. 
Akal tanpa kalbu menjadikan manusia seperti setan. Iman tanpa ilmu sama dengan 
pelita di tangan bayi, sedangkan ilmu tanpa iman bagaikan pelita di tangan 
pencuri. Dan al-Qur'an sebagai sebuah kitab terpadu, tentunya menghadapi dan 
memperlakukan peserta didiknya dengan memperhatikan keseluruhan unsur 
manusiawi, jiwa, akal, dan jasmaninya.

MEMBANGUN PERADABAN DENGAN 'MEMBACA'

Demikianlah, perintah membaca merupakan perintah yang paling berharga bagi 
perkembangan kebudayaan dan peradaban umat manusia. Karena, membaca merupakan 
jalan yang mengantar manusia mencapai derajat kemanusiaannya yang sempurna, 
sebagaimanajanji Allah swt. 

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِيْنَ أَمَنُوْا مِنْكُمْ وَالَّذِيْنَ أُوْتُوْا العِلمَ 
دَرَجَاتٍ

"Allah akan mengangkat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang memiliki 
ilmu dengan beberapa derajat yang tinggi"

Sehingga, tidak berlebihan bila dikatakan bahwa 'membaca' adalah syarat utama 
guna membangun peradaban. Dan bila diakui bahwa semakin luas pembacaan semakin 
tinggi peradaban, demikian pula sebaliknya. Maka uasaha untuk menggalakkan 
budaya membaca adalah hal yang sangat urgen untuk selalu dikampanyekan dan 
diusahakan. Maka, tidak mustahil jika pada suatu ketika 'manusia' akan 
didefinisikan sebagai 'makhluk membaca', suatu definisi yang tidak kurang nilai 
kebenarannya dari definisi-definisi lainnya semacam 'makhluk sosial' atau 
'makhluk berfikir'.

Sejarah umat manusia, secara umum dapat dibagi dalam dua priode uatama: 
'sebelum penemuan tulis-baca' dan 'priode sesudahnya' sekitar lima ribu tahun 
yang lalu. Dengan ditemukannya tulis-baca, peradaban manusia tidaklah merambah 
jalan dan merangkak-rangkak, tetapi mereka telah berhasil melahirkan tidak 
kurang dari 27 peradaban dari peradaban Sumaris sampai peradaban Amerika masa 
kini. Peradaban yang datang mempelajari peradaban yang lalu dari apa yang 
ditulis oleh generasi yang lalu dan dapat dibaca oleh generasi yang kemudian. 
Manusia tidak lagi memulai dari titik nol, berkat kemampuan tulis-baca itu.

Kejayaan peradaban romawi, peradaban Islam, peradaban Eropa saat ini tentunya 
semua dibangun dari tradisi membaca dan menulis. Beribu-ribu karya intelektual 
serta penemuan-penemuan yang original yang muncul pada zamannya. Intelektual 
bukanlah komunitas manusia yang hanya bergelut dengan tulis menulis, tetapi 
lewat berbagai macam eksperimentasi sehingga melahirkan suatu teori baru, 
begitu seterusnya hingga kini. 

Tugas sebagai 'Abd lillah dan khalifatullah fi al-ardh yang diemban oleh 
makhluk manusia adalah merupakan konsekuensi dari potensi keilmuan yang 
dianugerahkan Allah kepada manusia, sekaligus sebagai persyaratan mutlak bagi 
kesempurnaan pelaksanaan kedua tugas tersebut. Dengan ilmu yang diajarkan oleh 
Allah kepada (Adam) manusia, ia memiliki kelebihan dari malaikat, yangtadinya 
meragukan kemampuan manusia untuk membangun peradaban. Dan dengan ibadah yang 
didasari oleh ilmu yang benar, maka manusia menduduki tempat terhormat, sejajar 
bahkan dapat melebihi kedudukan umumnya malaikat. Ilmu, baik yang kasby 
(acquired knowledge) maupun yang ladunny (abadi, perennial), tidak dapat 
dicapai tanpa terlebih dahulu melakukan qira'at - bacaan dalam arti yang luas. 

Kekhalifahan menuntut hubungan antara manusia dengan manusia yang lainnya, 
dengan alam serta hubungan dengan Allah. Kekhalifahan menuntut juga kearifan. 
Karena, dalam kaitannya dengan alam, kekhalifahan mengharuskan adanya bimbingan 
terhadap makhluk agar mampu mencapai tujuan penciptaannya. Untuk maksud 
tersebut, dibutuhkan pengenalan terhadap alam raya. Pengenalan itu tidak akan 
dapat tercapai kalau tanpa usaha qira'at (membaca, menelaah, mengkaji, dan 
sebagainya).

Demikianlah, Iqra' merupakan syarat pertama dan utama bagi keberhasilan 
manusia. Berdasarkan hal tersebut, tidaklah mengherankan jika ia menjadi 
tuntunan pertama yang diberikan oleh Allah swt. kepada manusia.

-wallahua'lam bissawab

Banyak tokoh berpendapat kemunduran umat Islam salah satu penyebabnya karena Umat Muslim saat ini sudah malas Membaca. Budaya membaca yang bisa melahirkan kemajuan dibidang pengetahuan dan teknologi ditinggalkan banyak umat muslim dunia.
Tidak sedikit umat Islam yang lebih suka menjelek-jelekan agama lain bahkan tidak sedikit yang hanya fanatik terhadap kelompok mereka sendiri, mereka dengan tidak punya rasa malu menuduh saudara semuslim sendiri sebagai seorang Yahudi atau dengan sebutan kafir.
Hal ini tentunya sangat jauh sekali dari ajaran Islam yang mewajibkan umatnya untuk rajin membaca sebagaimana ayat pertama dalam Al-Qur’an diturunkan yang berbunyi “IQRA!”, Bacalah !
Malasnya umat Islam membaca menjadikan pola pikir dan pemikiran mereka serta pengetahuan mereka menjadi dangkal dan mudah emosi serta mudah terprovokasi. Bahkan yang paling ditakutkan jika karena kekurangtahuan sekelompok muslim mereka hanya dijadikan alat politik untuk mendukung partai tertentu. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan.
Umat muslim sangat mudah terprovokasi dan dimanfaatkan oleh kelompok tertentu hanya untuk tujuan kekuasaan dan elit partai mereka. Sedangkan umat selain muslim mereka setiap hari membaca buku, menciptakan teknologi dan melakukan berbagai penelitian untuk menguasai ilmu pengetahuan serta ekonomi dunia.
Dari sinilah sebenarnya penyadaran dan pentingnya aktivitas membaca untuk umat muslim diperlukan.
Sejarah mencatat bagaimana kejayaan Islam dimasa lalu karena umat Islam dibangun dengan budaya baca yang sangat tinggi. Begitu besar minat baca umat muslim saat itu kemudian bisa melahirkan ilmuwan-ilmuwan besar seperti Ibnu Syna, Ibnu Rusdy, Imam Ghazali, dan masih banyak lagi yang lainya.

Masjid-masjid tidak hanya digunakan untuk mempelajari Al-Qur’an saja tapi juga mempelajari ilmu-ilmu pengetahuan umum dan teknologi. Masjid di saat itu juga menyediakan perpustakaan yang menyediakan buku-buku yang dipelajari oleh umat Islam.
Masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim ternyata juga memiliki budaya baca yang masih rendah jika dibandingkan dengan negara lain. Hal ini diperparah dengan masih minimnya fasilitas-fasilitas perpustakaan yang dikelola dengan baik sehingga masyarakat menjadi tidak tertarik untuk datang ke perpustakaan.
Dikutip dari harianhaluan.com (7/9/13), Sastarawan ternama Taufiq Ismail dalam road­show 2013 Publikasi Gerakan Indonesia Membaca dengan tema Per­pus­takaan Sahabat Terbaik Keluarga Indonesia, menge­mukakan buda­ya baca pelajar dan gene­rasi muda Indonesia masih rendah jika diban­dingkan dengan nega­ra tetang­ga di kawasan Asia apalagi negara maju seperti Eropa dan Ame­rika.
Berdasar perbandingan angka yang ada, rata-rata pelajar seko­lah menengah atas di Thailand dan Singa­pura membaca 5-7 buku perta­hun. Di Amerika dan Eropa bahkan mencapai 32 buku. Namun di Indonesia nol buku per tiga tahun. Hal itu dika­renakan kebijakan pemerin­tah lebih fokus membangun infrastruk­tur sehingga perha­tian terha­dap pelajaran ba­hasa­ dan sastra diabaikan (Haluan Kepri, 25 Agustus 2013).
Rendahnya minat baca bagi masyarakat Indonesia sebagai­mana dikemukakan Tauifq Ismail adalah kenya­taan yang tak terbantahkan. Penyebabnya bukan saja oleh kebijakan pemerintah yang lebih berorien­tasi pada pemba­ngunan fisik, melainkan karena membaca belum merupakan panggilan teologis. Yakni bagian keima­nan yang harus direalisasikan dalam kehidu­pan.
Berbagai pusat perbukuan seperti Perpustakaan nasio­nal, daerah, sekolah, pergu­ruan tinggi rata-rata sepi dengan pengun­jung. Mereka (pengun­jung) baru akan da­tang ke perpustakaan atau pusat perbukuan jika ada tugas atau kegiatan atau prog­ram yang dibuat. Selebih­nya mereka jarang atau tidak akan datang mengunjungi perpus­takaan atau pusat perbukuan.
Sementara mal, supermar­ket, pusat rekreasi dan hibu­ran ramai setiap saat. Mere­ka, para pelajar dan maha­siswa, berduyun-duyun datang ke mal, supermarket dan pusat hiburan maupun rek­reasi. Kegiatan membaca dan mengunjungi perpus­takaan guna menambah penge­tahuan dan ilmu masih diang­gap belum menjadi pang­gi­lan hidup apalagi panggilan teo­logis. Sementara hal-hal yang dapat memenuhi selera ren­dah, glamour dan instan, dianggap merupakan kebutu­han mendasar-bahkan menga­lahkan panggilan keyakinan agama yang mereka anut.
Padahal membaca adalah kebutuhan mendasar bagi manusia, terutama dalam mengaktualisasikan potensi dirinya. Dalam Islam, bahkan membaca merupakan panggi­lan teologis atau keyakinan yang harus direalisasikan sebagai bukti kehambaan kita kepada Allah SWT. Membaca bagian yang tak terpisahkan akan keyakinan kita kepada Allah SWT. Salah satu perin­tah yang sejajar dengan perin­tah salat, zakat, puasa dan jihad adalah membaca.
Bahkan membaca merupa­kan perintah yang pertama yang diterima Nabi Muham­mad SAW sebagaimana terda­pat dalam Surat Al-Alaq;1-5), yakni Iqra (Bacalah). Jadi perintah pertama, bukan salat, zakat, puasa dan jihad melain­kan membaca. Betapa men­dasar­nya teologi membaca dalam Islam itu sen­diri. Kare­na itu, selain menekan­kan betapa pentingnya membaca, Alquran juga menjelaskan bah­wa bahwa ada dua syarat yang harus dipenuhi dalam membaca.
Pertama, bacalah dengan nama Rabb-mu yang telah menciptakan. Itu artinya, aktivi­tas membaca harus dapat mendekatkan diri kepa­da Allah. Bukan sebaliknya, membuat Allah murka atau membaca sesuatu yang justru menjauh­kan diri kepada Allah. Itu artinya, kualitas yang dibaca menjadi penting dalam Islam.
Membaca bukan sekedar hobi tapi merupakan kebu­tuhan mendasar dan prioritas. Karenanya, Rasulullah mem­be­baskan para tawanan pe­rang, jika mereka mau mengajarkan umat Islam membaca dan menulis. Ini merupakan bukti betapa pentingnya membaca dalam pandangan teologi Islam.
Kedua, kegiatan membaca yang kemudian melahirkan wawasan, pemikiran, gagasan, penemuan, pengetahuan, dan ilmu yang didapati oleh kita tidak boleh menjadikan kita sombong, angkuh dan bahkan melahirkan kemu­daratan bagi orang lain akibat ilmu kita. Makanya dalam Islam, ilmu tidak bebas nilai, tapi ia harus bersandar pada keimanan (teologis) dan syariat Islam. Karena itu tidak boleh mela­hir­kan kerusakan bagi orang lain. “Bacalah dan Rabb-mulah yang Maha Pemurah, yang telah mengajarkan ma­nu­sia dengan pena. Dia-lah yang mengajar manusia apa yang tidak diketa­huinya” (Qs. Al-Alaq 1-5).
Membaca dalam perspek­tif teologi Islam tidak sebatas mem­baca teks. Quraish Shi­bab dalam bukunya Membumikan Alquran; menjelaskan makna iqra, bukan sekedar membaca, melainkan mencakup kegiatan observasi, pengamatan, peneli­tian dan pengembangan. Jadi seluruh kegiatan yang men­dalami, menggali dan pengem­bangan terhadap berbagai potensi dan kurnia Allah baik di darat, laut dan udara, adalah bagian dari aktivitas membaca.
Jadi membaca akan mela­hirkan kemajuan dan kegemi­langan. Karena ia akan me­ma­cu berbagai penemuan, penda­laman dan pengem­bangan berbagai teori bagi kemajuan budaya dan pera­daban manu­sia. Dalam seja­rah Islam kita mencatat bahwa perpustakaan Islam menjadi perhatian utama dari para khalifah. Maka tidak meng­herankan jika sejarah mencatat bahwa perpustakaan umat Islam pada waktu itu sangatlah besar dan baik di dunia. Diantaranya, perpus­takaan Bagdad, Kardova. Isybi­liah, Gharnathah, Kairo, Da­mas­kus, Tarabulus, Madi­nah dan Al-Quds.
Namun kini umat Islam mengalami berbagai kemun­duran dalam aktivitas mem­baca. Terutama membaca dalam pengertian yang berkua­litas yang menghasilkan ilmu, menghasilkan keteram­pilan khusus dan meraih penge­tahuan yang tinggi. Membaca sekedar memenuhi fungsi hobi rekreasi dan hiburan. Mem­baca bukan lagi kebutuhan men­dasar dan panggilan teologis sebagai­mana telah dipraktikkan Ra­sulul­lah de­ngan menebus tawa­nan yang mau mengajarkan umat Islam membaca.
Tidak salah jika salah seo­rang Yahudi sebagaimana diku­tip DR Raghib As-Sirjani dalam bukunya; Spritual Reading; hidup lebih bermak­na dengan mem­baca; terbitan Aqwam 2007, mengatakan bahwa “Kita orang yahudi tidak takut dengan umat Islam, karena umat Islam adalah umat yang tidak mem­baca”.
Implikasinya, umat Islam tidak lagi menjadi kiblat pengem­bangan ilmu dan tek­no­logi. Berbagai kemajuan dan pene­muan umat Islam seperti ilmu kedok­teran oleh Ibnu Sina, sosiologi –Ibnu Kaldun, filsafat Al-Farabi, al-Kindi, dllnya justru menjadi milik dunia Barat. Umat Islam justru menjadi konsumen atau pema­mah intelek­tual memin­jam istilah DR Syafii Maarif.
Seiring dengan kebang­kitan umat Islam abad 21 dan reali­tas yang ada sekarang ini, maka tidak ada pilihan dima­na umat Islam harus kembali menja­dikan kegiatan memba­ca seba­gai panggilan teologis yang sejajar dengan kegiatan ritual lainnya. Membaca, meneliti, mengobservasi dan mendalami berbagai teori, paradigma dan disiplin keil­muan jauh lebih penting dari sejumlah kegiatan ritual yang berorientasi pribadi.
Bahkan kemunduran umat Islam dibidang keilmuan, kare­na segala sesuatu hanya dinisbah kepada ritual. Con­toh­nya ilmi falaq menjadi mandeg atau tidak berkem­bang lagi, karena dianggap sudah selesai, ketika umat Islam sudah bisa menentukan arah Kiblat dalam salat. Ilmu jiwa menjadi man­dek, karena ia sudah dapat mengantarkan orang untuk tahu akan potensi keagamaan dan penyakit keji­waan.
Pengembangan ilmu da­lam konteks epistimologis amat sedikit dilakukan. Ka­ren­a itu pula, kenapa kajian atau studi-studi keislaman yang dilakukan di berbagai pergu­ruan tinggi Islam, lebih domi­nan meng­gunakan pende­katan dogmatis, ketimbang meng­gunakan pen­dekatan ilmiah. Sebab tujuan utama­nya adalah untuk menun­jang agar maha­siswa dapat beriba­dah dengan baik dan loyal-walaupun pasif kepada doktrin Islam.
Mestinya, kajian atau studi keislaman lebih diarah­kan perwujudan seorang aga­ma­wan dan sekaligus seorang ilmuwan. Dengan demikian studi Islam tidak saja melulu memakai pendekatan dog­matis atau teolo­gis, melainkan juga diim­bangi dengan pende­katan ilmi­ah atau pendekatan histo­ris.
Ke depan, selain mengem­balikan membaca sebagai pang­gi­lan teologis, hal lain yang mendesak dilakukan adalah bagaimana memba­ngun suasa­na dan budaya baca terutama di kalangan keluarga. Setiap keluarga hendaknya memiliki perpus­takaan di rumahnya dan aktivitas membaca menja­di bagian dari kebutuhan hidup yang sama dengan kebutuhan akan makan dan minum.
Jika hal ini sudah terbang­un, maka tugas pemerintah adalah menyediakan buku-buku murah tapi berkualitas. Mem­berikan apresiasi dan bantuan bagi para aktivis perbukuan, penulis dan komu­nitas baca di berbagai tem­pat.Jika hal ini dilakukan secara terus menerus dan terintegrasi anta­ra berbagai departemen dan lembaga, maka bukan mustahil budaya baca masyarakat kita akan sejajar dengan bangsa dan negara lain. Tanpa itu dila­kukan, maka kita akan terus meratap dan me­nyak­sikan betapa rendahnya bu­daya baca masyarakat kita.
Berikut ini juga penulis sisipkan sebuah tulisan dari Indra Yadi melalui blognya yang selayknya bisa menjadi renungan dan koreksi diri kita yang selama ini lebih sering menyalahkan pihak lain termasuk orang-orang Yahudi akan tetapi kita lupa untuk melakukan KOREKSI DIRI.
Moshe Dayan seorang politisi dan pimpinan militer Israel berkata “Ada 3 kelemahan muslim saat ini,
1.      Mereka malas,
2.      Mereka tidak mempelajari sejarahnya sendiri,
3.      Mereka itu kaum yang spontan dan tak terencana.
Di lain waktu, Moshe Dayan berujar, “Apakah kalian pikir orang Arab akan pernah bisa mengalahkan kalian?” Dia menjawab, “Tidak sampai mereka terlebih dulu belajar bagaimana membuat garis lurus ketika naik bus.” (maksudnya berbaris rapi dan naik bus satu per satu, tidak bergerombolan dan berebutan seperti yang umumnya kita lakukan).
Setelah mengungkap rencana Zionis untuk menduduki Palestina–dipublikasikan pertamakali lima puluh tahun sebelum Pendudukan-mantan Menteri Pertahanan Israel Moshe Dayan ditanya dalam sebuah wawancara: “Apakah Anda tidak takut orang-orang Arab akan membaca rencana Anda dan mempersiapkan diri mereka?” Tanggapannya,”Yakinlah, orang-orang Arab adalah bangsa yang tidak membaca, dan jika mereka membaca mereka tidak mengerti, dan jika mereka memahami mereka tidak bertindak.”
DR Raghib As-Sirjani dalam sebuah buku mengutip kalimat seorang Yahudi, “Kita orang Yahudi tidak takut dengan umat Islam, karena umat Islam adalah umat yang tidak gemar membaca”.
Marah dikatakan seperti itu ? untuk apa, memang terbukti bahwa muslim tak suka membaca.
Bagaimana dengan negeri kita Indonesia ? ya, lebih kurang sama. negeri yang mayoritasnya beragama islam dan jumlahnya terbesar di dunia, dengan kata lain kaum yang tidak gemar membaca sebagian besar ada disini. Bermukim ditengah – tengah kita, atau mungkin penulis sendiri.
Terbukti, bahwa masyarakat indonesia atau kalau boleh disebut muslim indonesia adalam kaum yang tak suka membaca!
Inilah beberapa faktanya.
Pertama, Survei prestasi membaca anak indonesia dalam Progress of International Reading Literacy Study 2011 menempati peringkar 42 dari 45 negara.
Kedua, beradarkan rilis dari beritamaluku.com
  1. Indeks kegemaran membaca orang pribumi hanya 0.001. Artinya, dari seribu penduduk Indonesia hanya satu orang yang gemar membaca. Bandingkan dengan Singapura, ada 45 orang gemar membaca dari jumlah survei 100 orang.
  2. Waktu membaca per hari di USA dan Jepang, rata – rata jumlahnya 8 jam. Sedangkan Indonesia, hanya 2 jam dalam sehari. Masyarakat kita habis waktunya oleh bergosip, main game bertema kekerasan dan menonton di saluran tak mendidik.
  3. Di Negara maju, siswa sekolah menengah wajib khatam membaca sejumlah buku. terutama karya sastra, sebelum menyelesaikan studinya. Misalnya, Perancis dan Belanda 22-23 buku per tahun, Jepang 15 buku per tahun, Malaysia 6 buku per tahun, Thailand 6 buku per tahun, Hindia Belanda(Indonesia) 25 buku per tahun.
Lantas, dengan kondisi seburuk itu Indeks Pembangunan Manusia negeri ini berada di posisi 117 dari 175 negara. Kabarnya, Indonesia akan menjadi kiblat muslim di seluruh dunia! Berkah ataukah Musibah ?
JANGAN MENYALAHKAN YAHUDI
Kita bodoh karena kita tak suka membaca, setidaknya itu yang mesti diakui. Tiada guna mengatakan “Yahudi Musuh Islam, mereka jahat, mereka menghancurkan islam!” Ngomong aja mah gampang, So What? lalu apa upaya muslim agar tak mudah dibodohi dan dizalimi!!?
Syekh Umar Tilmisani berkata “Jangan sampai kalian hanya bisa melaknat orang zalim, tetapi pikirkanlah bagaimana menghentikan kezalimannya itu?!”
Tidak salah, kalau mereka bisa menghancurkan umat islam. Sebab mereka dikenal suka meahap buku, oleh karena itu jadi mengetahui sejarah islam dan peradabannya dan itu modal besar untuk memperdaya bangsa islam. Umat islam Indonesia terlalu banyak wacana. Sudah bodoh, omdo pula. Kita cuma bisa nyalahin orang dan nyalahin keadaan, lupa akan koreksi diri.
REAKSINYA HANYA BUNUH DAN BAKAR
Saat kita banyak baca, kita akan bisa menulis dengan baik. Dengan menulis, kita bisa melawan segala fitnah dan pembodohan dari umat dan sekte lain. Melawan dengan cara ilmiah, bukan reaktif atau ancaman.
Ketika kawan saya melakukkan penelitian untuk tesisnya tentang penerbitan buku, Da Vinci Code di Indonesia. Awalnya khawatir akan menyinggung rasa keragaman katholik, ternyata
penerbit memandang umat ini jauh lebih demokratis, terbuka, dan tak bertindak kekerasan dibanding kalangan Islam. Biasanya, bila ada kritik, mereka menanggapinya secara kritis pula. Ini terbukti dengan terbitnya banyak buku dan digelarnya forum-forum diskusi untuk mengkritisi atau mengiringi karya Dan Brown tersebut. Demikian hasil diskusi informal penerbit tersebut dengan anggota Indonesian Conference, Religion, and Peace (ICRP) dari kalangan Kristen/Katolik.
“Menurut mereka, umat Kristen itu tidak seperti Islam. Mereka tidak frontal. Biasanya mereka akan menjawab (buku) dengan buku.”
Oh, Tuhan. Betapa sudah tak anggun umat ini di mata umat lain. Beringasan, tidak punya tradisi menulis dan membaca. Penulis iri dengan umat yang membalas buku dengan buku, bukan dengan ancaman dan pembakaran. Mereka dengan tenang menanggapi semua itu dan mereka tahu tulisan akan lebih abadi dan akan membuka pemahaman dibanding sikap beringas yang kampungan.
HIJRAH DENGAN MEMBACA
Marilah kita buat perubahan islam dengan jadi umat yang lebih berwawasan dan berperadaban dalamuslim sikap dan pemikiran. HIJRAH DENGAN MEMBACA, setidaknya itulah hal mudah yang saat ini bisa dilakukkan. Hal remeh temeh namun, berdampak berarti bagi suatu bangsa. MEMBACA, memangnya mau apa ? jihad ke Palestina, jihad ke Mesir !? Malah mati konyol lo!!
Rasulullah SAW menyuruh umatnya untuk IQRA, bukan dengan BUNUH, HANCURKAN dan BAKAR. Membaca adalah bukti kecintaan kita kepada tuhan dan rasul Nya, itulah perintah pertama untuk jadi umat yang beradab dan maju. Aneh rasanya, jika umat islam dapat perintah IQRA tetapi umat lain yang melaksanakannya. Maka dari itu, jangan menyalahkan muslim tak suka baca. saat ini, diinjak dan dijadikan keset oleh umat beragama lain hobi melahap bacaan.
Jika dalam membaca tulisan ini anda masih juga marah, dan menghujat, serta menyalahkan orang lain dan tidak mau koreksi diri kita sendiri, maka sesungguhnya itu menunjukan tentang seperti apa Pribadi kita. Silahkan anda bagikan tulisan ini untuk membangkitkan semangat umat muslim untuk rajin MEMBACA dan MEMBACA mulai detik ini juga!.
Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. QS. Al Mujaadilah : 11
Allah swt telah menciptakan alam semesta beserta isinya sebagai tanda-tanda kekuasaan Allah. Dan manusia sebagai khalifah diperintahkan oleh Allah swt untuk memperhatikan dan mempelajari segala tanda-tanda kekuasaanNya tersebut. Dan untuk dapat mewujudkannya, Allah swt telah memerintahkan manusia terlebih dahulu untuk dapat membaca. Sebab, Allah swt telah menurunkan Al Quran sebagai petunjuk yang dapat dibaca oleh seluruh hambaNya.
Membaca Adalah Perintah Allah yang Pertama
Menurut Bahasa Al Quran berasal dari kata qara’ yang artinya membaca, atau bacaan, sehingga Al Quran adalah kalam Allah swt yang diturunkan dengan kewajiban membacanya bagi hamba-hambaNya. Dan ini dikuatkan dengan perintah Allah swt yang diturunkan, yaitu surah Al ‘Alaq ayat 1-5 yang merupakan surah pertama, adalah perintah membaca.
Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.(QS. Al ‘Alaq :1-5)
Ayat di atas menunjukkan bagaimana Allah swt telah mengutamakan kewajiban membaca bagi hamba-hambaNya. Karena dengan membaca setiap manusia dapat memahami dan mempelajari sesuatu yang tidak diketahuinya. Dan dengan membaca seseorang dapat memperoleh informasi dari orang lain.
Memahami Al Quran Dengan Membaca
Al Quran diturunkan Allah swt dengan berbagai ilmu dan pengetahuan yang tersirat di dalamnya. Ilmu dan pengetahuan ini telah terbukti secara sains di masa sekarang. Dan hal ini tidak akan dapat kita pahami jika kita tidak memiliki kemampuan untuk membacanya.
Perkembangan ilmu pengetahuan pada zaman sekarang telah menggiring manusia pada penemuan-penemuan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Seperti penemuan sidik jari, sehingga ini akan dapat menjadi barang bukti yang kuat untuk menangkap seorang penjahat, tanpa perlu adanya pengakuan langsung terlebih dahulu dari penjahat tersebut.
Karena itulah tidak mustahil bagi Allah untuk mengetahui perbuatan manusia yang dilakukan mereka selama mereka hidup di dunia. Hal ini sebagaimana firman Allah swt,
Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.(QS. Yaasiin : 65)
Derajat Lebih Tinggi Bagi Yang Berilmu
Maha Benar Allah dengan segala firmanNya. Dalam QS Al Mujaadilah ayat 11 di atas, Allah telah menjanjikan bahwa Dia akan meninggikan orang-orang yang berilmu beberapa derajat. Dan Allah benar-benar telah meninggikan derajat hamba-hambaNya yang melaksanakan perintah membaca, sehingga dengan itu mereka memiliki pengetahuan yang lebih.
Kita dapat melihat bagaimana sejarah Islam terdahulu. Begitu banyaknya ilmuwan Islam dalam berbagai bidang pengetahuan, baik itu ilmu kedokteran, ilmu matematika dan sebagainya. Sebagai contoh, Al Khawarizmy melalui karyanya yang monumental, “Aljabar”. Dan pelajar-pelajar di Cordova, mempelajarinya dan mengenal Al Khawawrizmy dengan sebutan Algoritma.
Kegemilangan Islam di masa dahulu diperoleh dengan adanya kegemaran membaca dan mempelajari ilmu dan pengetahuan yang ada di alam semesta sebagai ciptaan Allah swt. Namun kegemaran membaca pada saat sekarang ini malah dimiliki oleh orang-orang non muslim seperti bangsa Jepang. Hingga tidak heran jika Allah swt telah meninggikan beberapa derajat bangsa Jepang dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mereka miliki.
Penutup
Dengan membaca, sebagai perwujudan pelaksanaan perintah Allah swt, kaum muslimin dapat meningkatkan ilmu pengetahuan sehingga dengannya Allah swt akan meninggikannya beberapa derajat. Allah swt juga telah memerintahkan manusia untuk memperhatikan ciptaan Allah swt dan mempelajarinya hingga bermanfaat bagi kehidupan di dunia.
Wallahu a’lam bish showab
Menumbuhkan Minat Baca
Membaca merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang bersifat aktif reseptif. Selain itu, membaca juga merupakan masalah yang penting dalam dunia ilmu pengetahuan, sebab membaca merupakan salah satu cara bagi individu dalam menyumbangkan pengetahuannya.
Bertambahnya pengetahuan dan perkembangan ilmu bagi seseorang didapat dari membaca. Berkenaan dengan hal tersebut, apabila kegiatan membaca kita kaitkan dengan kondisi masyarakat Indonesia yang pada umumnya ialah masyarakat yang bisa dibilang masyarakat dengan kondisi tingkat membaca yang masih rendah.
Hal tersebut dikarenakan sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama pelajar belum menjadikan kegiatan membaca sebagai kebutuhan yang mendasar. Padahal membaca sangat perlu.
Dengan membaca seseorang dapat memperluas wawasan dan pandangannya, dapat menambah dan membentuk sikap hidup yang baik, sebagai hiburan serta menambah ilmu pengetahuan. Adapun pepatah yang mengatakan bahwa “membaca membuka cakrawala dunia, perpustakaan adalah kuncinya”.
Artinya dengan membaca segala pengetahuan akan kita ketahui dann pahami dan melalui perpustakaanlah sumber ilmu pengetahuan sepanjang masa disimpan dan tak akan pernah punah karena disanalah tempat sumber ilmu (buku) berada.
Menyambung peryataan di atas yang menyatakan bahwa membaca belum dijadikan sebagai kebutuhan yang mendasar, maka terlihat jelas bahwa sikap yang dimiliki oleh pelajar masih belum mempunyai keinginan atau minat membaca yang tinggi.
Padahal membaca merupakan salah satu faktor penting yang akan membantu anak untuk segera siap membaca. Minat membaca berpengaruh besar terhadap kesuksesan anak sehingga perlu ditanamkan sejak dini.
Seperti apa kata Burke Hedges “Jika ingin sukses, Anda harus melakukan apa yang orang-orang sukses lakukan. Dan hal yang dilakukan orang sukses ialah membaca dan menjadi kaya”.
“Membaca menyibak cakrawala. Dengan membaca, seseorang tidak saja tercelik dan jadi semakin bijak. Akan tetapi, juga dapat         memetik hikmah dan manfaat berbagai referensi”
Membaca merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang bersifat aktif reseptif. Media yang digunakan dalam membaca berupa media bahasa tulis. Membaca memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi kalangan pelajar.
Membaca adalah melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis, baik mengeja atau melafalkan apa yang tertulis (KBBI, 2002:83). Membaca merupakan suatu proses menangkap atau memperoleh konsep-konsep yang dimaksud oleh pengarangnya, menginterpretasi, mengevaluasi konsep-konsep pengarang dan merefleksikan atau bertindak seperti yang dimaksud dalam konsep itu (Susanto, 2013).
Sementara itu menurut Bram dan Dickey (dalam Darmono, 2007:215) menyatakan bahwa membaca adalah kegiatan yang dilakukan berupa penerjemahan simbol atau huruf ke dalam kata dan kalimat yang memiliki makna bagi seseorang.
Berdasarkan pendapat di atas dapat diambil simpulan bahwa membaca merupakan kegiatan yang bersifat aktif reseptif dengan cara memahami setiap isi dari apa yang tertulis dengan saksama.
Minat sering diartikan sebagai “interest”. Minat bisa dikelompokkan sebagai sikap (attitude) yang memiliki kecenderungan tertentu. Minat tidak bisa dikelompokkan sebagai pembawaan, tetapi sifatnya bisa diusahakan, dipelajari, dan dikembangkan.
Arthur J. Jones (dalam Supriyadi, 1986:73) menerangkan bahwa minat adalah perasaan suka (like) yang berhubungan dengan suatu reaksi terhadap sesuatu yang khusus atau situasi tertentu. Semenatra itu Crow and  Crow (Supriyadi, 1986:74) menjelaskan bahwa minat menunjukkan kekuatan motivasi yang menyebabkan individu memberikan perhatian kepada orang, benda, atau kegiatan.
Dari beberapa pendapat di atas, sekiranya dapat diambil simpulan bahwa minat merupakan suatu dorongan atau keinginan apada seseorang untuk /menjadi merasa tertarik pada sesuatu yang ia sukai.
Sementara itu, minat baca merupakan dorongan yang kuat pada seseorang untuk membaca yang ditandai dengan menunjukkan ketertarikan pada berbagai lambang dan simbol.
Darmono (2007:214) menyatakan bahwa minat baca merupakan kecenderungan jiwa yang mendorong seseorang berbuat sesuatu terhadap membaca. Minat baca ditunjukkan dengan keinginan yang kuat untuk melakukan kegiatan membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar